Kamis , 18 April 2019
Beranda / Burung Kicau / Tips Merawat Murai Batu Bakal Untuk Orang Sibuk

Tips Merawat Murai Batu Bakal Untuk Orang Sibuk

Untuk pemula sebaiknya pilih burung yang muda hutan saja. Burung tidak terlalu kecil sehingga tidak perlu mengasuh/ngeloloh makanan yang tentunya banyak menguras waktu dan tenaga. Dalam tempo tidak terlalu lama burung sudah mulai bunyi.

Merawat Burung Murai Batu Bakalan sebenarnya tidaklah terlalu susah. Boleh dikatakan MB adalah burung yang mudah perawatannya. Yang penting kita bahagia dulu punya peliharaan seekor burung murai batu. Jangan sampai kita punya hobi tapi malah nggak bisa istirahat hanya karena waktunya habis untuk merawat burung melulu. Itu sih yang dinamakan teman-teman kicau mania “punya momongan”. apalagi kalau kita kerja, nah tips ini cukup ampuh untuk orang yang sibuk.

Sehabis beli burung langkah selanjutnya adalah :

Menyiapkan sangkar untuk burung Murai Batu kita. Untuk burung bakal bisa sangkar kotak ( persegi empat) atau bulat yang ukurannya besar, maksudnya agar burung bisa leluasa bergerak dan bulu tidak rusak.

Kemudian burung dimasukkan ke sangkar dan kemudian burung disemprot halus dengan menggunakan semprotan air, sedikit saja agar burung merasa lebih tenang , nyaman dan tidak terlalu stress.

Penuhi pakan dan minum kesukaannya seperti voor, kroto satu sendok makan atau jangkrik 2-3 ekor. Amati burung mau makan atau tidak. jika mau makan ada kemungkinan burung yang baru di beli itu sehat.
Gantung burung di tempat yang teduh dan tenang agar burung beradaptasi dengan lingkungannya. Tempatnya sebaiknya tetap, tidak pindah-pindah.

Selama 5 -7 hari burung tidak perlu dimandikan, cukup kasih makan kroto 1 sendok makan & jangkrik kesukaannya pagi 5 ekor, siang 2 ekor dan sore 5 ekor jangkrik dan minum saja sambil di pantau.
setelah satu minggu biasanya burung sudah mulai bersiul-siul kecil ( ngeriwik) lanjutkan perawatan diatas dan awasi perkembangan burung.

Jika burung waktunya istirahat, misalnya di waktu malam sebaiknya sangkar di kerodong. Maksudnya agar burung istirahatnya tidak terganggu. Dan agak terlindung dari predator seperti tikus, kucing atau anjing di rumah.

Selamat mencoba memelihara burung bakal, jangan takut burungnya akan mati ya…lakukan saja

Artikel Lainnya

Tips Membeli dan Memilih Burung Kicau di Pasar

Bagi penggemar burung kicau yang sudah berpengalaman, mencari burung di pasar burung kicau tentu bukan …

X