Kamis , 18 April 2019
Beranda / Burung Kicau / Tips Cara Merawat Burung Kenari Untuk Pekerja dan Karyawan Yang Sibuk Dengan Aktifitas Pekerjaan Sehari-Hari

Tips Cara Merawat Burung Kenari Untuk Pekerja dan Karyawan Yang Sibuk Dengan Aktifitas Pekerjaan Sehari-Hari

Pernahkah anda menginginkan untuk memelihara / merawat binatang dalam kehidupan anda sehari-hari? tentunya untuk sekedar menghilangkan kepenatan anda ataupun stress setelah seharian menghadapi berbagai macam permasalahan dikantor, akan tetapi pasti anda akan berpikir tentunya akan menyita waktu, khususnya pada saat waktu istirahat maupun waktu bersantai anda dirumah bersama keluarga. Dari pengalaman saya berbincang-bincang dengan teman baik ditempat kerja, dirumah maupun ditempat kumpul-kumpul sebenarnya dengan semakin trendnya saat ini memelihara burung kicauan dinegeri kita tercinta ini, banyak sekali yang ingin mencoba terjun untuk merawat dan memelihara burung kicauan dikarenakan suaranya yang merdu dan keindahan bentuk tubuh serta warna siburung tersebut, akan tetapi banyak pertimbangan untuk mencoba memelihara burung tersebut dengan resiko antara lain :

Tidak ada waktu luang untuk mengurus dan merawat sang burung. Kasihan kepada si burung kalau sampai tidak terawat dan menyebabkan sakit hingga kematian Tidak mengetahui cara merawatnya. Kalau sampai siburung mati sangat merugikan materi dikarenakan harga burung yang lumayan meningkat harganya saat ini dipasaran. dan masih banyak lagi alasan-alasan yang lain sehingga membuat pupus lah keinginan untuk memelihara burung.

Saya akan mencoba berbagi pengalaman saya kepada rekan-rekan yang sibuk dalam pekerjaan baik dikantor maupun dilapangan tentang tips / cara merawat burung kenari antara lain:

KenariPada saat bangun pagi kita buka kerudung sangkar kenari kesayangan kita dan kita keluarkan seluruh cepuk dari sangkar, baik itu cepuk makanan maupun air minum, kemudian kita bersihkan cepuk-cepuk tersebut dengan dicuci menggunakan air bersih, lalu ganti seluruh pakan yang ada disangkar dengan pakan yang baru (jangan lupa selang seling pemberian buah dan sayuran pada pakan tambahan disetiap harinya), pakan utama kenari yaitu biji-bijian juga harus selalu diganti setiap hari jadi kita jangan memberikan pakan biji-bijian terlalu berlebihan cukup 1/2 sendok teh. demikian juga dengan air minumnya harus selalu difanti setiap harinya.

Setelah pakan dan air minum kenari kita sudah diganti kini giliran membersihkan / mengganti alas sangkar kenari kita. Agar mempermudah dan tidak memakan waktu yang lama sebaiknya alas sangkar menggunakan koran bekas selain mudah membersihkannya (tinggal dilipat dan kita ganti kertas korannya) juga berfungsi untuk menyerap air, baik ceceran air minum maupun kotoran kenari itu sendiri dan cepat kering. kemudian kita gantung si kenari diangin-anginkan sambil diembunkan diteras ataupun halaman rumah, tapi hati-hati sebaiknya cari tempat yang aman dari jangkauan tangan-tangan jahil sipanjang tangan ya…..!!!! selesai sudah perawatan pada pagi hari. sebelum berangkat beraktifitas jika masih ada waktu sedikit dan ada sinar matahari kita bisa menikmati kicau sikenari dan keindahan tubuhnya sambil menjemurnya walaupun hanya beberapa menit (jika kita berangkat sebelum matahari terbit pun tidak apa-apa tidak menjemurnya atau bisa kita minta tolong pada istri ataupun orang rumah untuk menjemurnya setiap pagi antara jam 07.00 s/d 09.00 tapi penjemuran cukup 1 saja.

Jangan lupa disaat kita akan berangkat beraktifitas pindahkan gantungan sangkar kenari ketempat yang teduh (tidak terkena sinar matahari selama kita tinggalkan dan tidak terkena angin secara langsung). ada baiknya sangkar dikerudung tetapi tidak dil Pulang kerja kita sisakan waktu luang sedikit untuk memeriksa pakan yang sudah tidak layak makan oleh sikenari kemudian kita buang dan untuk pakan biji-bijian kita ambil cepuknya lalu kita tiup sisa kulit pakan biji-bijiandidalamnya kemudian tambahkan 1/2 sendok teh pakan biji-bijiannya. kemudian kita masukan cepuk air yang agak besar untuk siburung agar dia dapat mandi sendiri. lalu gantung ditempat terang diteras rumah anda agar anda bisa menikmati dan memandang momongan anda itu. lalu pada saat anda akan tidur tutup sangkar dengan kerudung hingga keesokan harinya.

Catatan penting :

Info sedikit mengenai pakan kenari adalah: pakan utamanya biji-bijian (banyak dijual pakan biji-bijian siap pakai ditoko burung) setiap hari harus selalu tersedia didalam sangkar, pakan tambahan kenari antara lain: sayuran: sawi putih, sawi hijau, kangkung, gambas/oyong, paprika, ketimun dll. buah-buahan: apel, pir, dll. juga telur puyuh dan kroto. Berikan telur puyuh yang sudah direbus seminggu 2 kali akan tetapi waspada karena dapat mengundang semut yang dapat menyebabkan kematian pada kenari anda. Langkah pencegahannya berikan oli bekas, minyak sayur atau kapur anti semut pada gantungan sangkar.

Gantung Tulang sotong setiap saat pada sangkar kenari. berikan multivitamin pada campuran air minum seminggu 2 kali (baca aturan pakainya). Bersihkan Sangkar dan tangkringan kenari anda setiap 4 atau 5 hari sekali, bisa menggunakan cairan anti septic ataupun deterjen (jangan sampai mengenai kenari kita).

Demikianlah tips / cara merawat harian yang dapat saya berikan berdasarkan pengalaman saya untuk rekan-rekan yang sibuk dalam aktifitas pekerjaan sehari-harinya. Mohon dapat dikoreksi dan ditambahkan dari para suhu dan sesepuh sesama pencinta kenari.

Sumber Kliping Selengkapnya Klik Disini

Artikel Lainnya

Tips Membeli dan Memilih Burung Kicau di Pasar

Bagi penggemar burung kicau yang sudah berpengalaman, mencari burung di pasar burung kicau tentu bukan …

X