Rabu , 19 Juni 2019
Beranda / Burung Kicau / Makanan Burung Lovebird Utama dan Tambahan Agar Gacor dan Ngekek

Makanan Burung Lovebird Utama dan Tambahan Agar Gacor dan Ngekek

Lovebird merupakan salah satu dari Sembilan spesies dari genus Agapornis, asal mula kata berasal dari negara Yunani Agape yang berarti cinta dan Ornis yang berarti burung. Delapan spesies Lovebird berasal dari benua Afrika, sementara Grey-headed Lovebird berasal dari Madagaskar.

Saat kita memelihara seekor atau beberapa burung, tentu kita juga wajib mengetahui makanan apa yang dibutuhkannya dan disukai oleh burung tersebut serta makanan jenis apa yang tidak boleh diberikan.

Namun, bagi anda para breeder atau bagi anda yang ingin mengembangbiakan burung, misalnya, Lovebird harus mengetahui secara detail mengenai makanan apa saja yang bagus untuk burung tersebut agar bulunya tetap rapi, berkilau, dan bersih, serta suaranya atau kekeknya bisa terdengar lebih panjang.

Banyak jenis makanan untuk burung sekales lovebird,salah satunya adalah jenis dari buah dan biji-bijian,kerena kedua jenis makanan tambahan tersebut juga akan membantu membuat lovebird mampu mengeluarkan suara kicauan jauh lebih gacor dan ngekek.

Selain pakan tambahan harian yang harus kita berikan,lovebird juga membutuhkan beberapa jenis makanan tambahan lain,seperti pemberian vitamin dan suplemen kusus untuk membangkitkan gairah lovebird supaya di hasilkan stamina dan kualitas yang lebih jreng.

Sebab burung cinta yang satu ini sangat membutuhkan beberapa asupan nutrisi dan gizi yang cukup mengingat lovebird termasuk burung yang aktif bergerak.apalagi jika lovebird yang telah dewasa dan sudah bisa berkicau dengan sempurna,Maka pakan tambahan perlu kita berikan. Untuk itu perlu pakan yang berbeda yang diberikan Antara lovebird dewasa dan anakan (piyek).

A. Lovebird Dewasa

Pemberian makan pada burung jenis Lovebird perbedaan antara yang masih kecil atau yang baru menetas dengan yang sudah dewasa. Untuk yang dewasa, anda bisa menyediakan biji-bijian seperti:

Pakan Lovebird
Pakan Lovebird

1. Makanan Lovebird Jenis Biji-Bijian

Milet Putih atau Merah

Sama halnya dengan kenari, blackthroat, parkit dan finch, lovebird juga sangat gemar menyantap milet putih dan merah. Disamping itu, makanan biji-bijian ini merupakan konsumsi pokok yang kerap diberikan pada lovebird oleh para kicau mania tanah air. Didalam pakan ini terdapat kandungan nutrisi tinggi yang mana cukup dibutuhkan oleh berbagai jenis burung pemakan biji-bijian. Manfaat dari milet bagi burung paruh bengkok ini antara lain dapat membuatnya lebih sehat, aktif, dan rajin gacor. Selain itu, milet juga dipercaya mampu menjaga kebutuhan nutrisi burung ketika terjangkit penyakit mata atau snot yang mana kerap melanda lovebird.

milet-putih-milet merah

Hal yang perlu diperhatikan adalah pada takaran pemberian pakan lovebird. Karena milet juga mempunyai kandungan karbohidrat, maka sangat dianjurkan untuk tidak menyajikan secara berlebihan. Apabila sampai berlebih, lama-kelamaan akan berdampak kurang baik bagi burung, misalkan ia dapat mengalami obesitas atau kegemukan. Jika itu sampai terjadi, unggas justru cenderung malas-malasan bahkan hingga macet bunyi dan ini kurang bagus bagi burung yang khusus untuk dilombakan. Jadi, meskipun bijian ini sangat dibutuhkan, tetapi lebih baiknya lagi jika diberikan secara bervariasi, contohnya diselang-seling dengan canary seed.

Ketan Hitam

Banyak sekali jenis pakan tambahan biji yang bisa kita berikan,antara lain misal milet,biji kenari,ketan hitam,jagung muda dan semua pakan biji juga bisa di berikan secara kombinasi,Intinya bisa di campurkan supaya lovebird bisa memilih sesuai pakan yang di sukainya.Manfaat dari pakan biji sendiri mampu untuk membuat suara keras dan ketan hitam juga bisa untuk membuat lovebird memiliki umur panjang.

Ketan Hitam
Ketan Hitam

Biji kenari

Biji kenari atau yang lebih umum disebut canary seed adalah pakan utama bagi burung kenari. Meski begitu, beberapa unggas berkicau pemakan biji-bijian seperti finch, blackthroat, parkit, terutama lovebird juga sangat menyukainya. Banyak anggapan dari para kicau mania, bahwa canary seed yang berkualitas bagus ialah yang tua, kering bersih, tidak berbau, dan berwarna kuning mengkilap. Sedangkan untuk bijian yang masih muda dengan ciri lunak dan berwarna putih, kerap dinilai kurang bagus bagi burung. Kandungan yang terdapat di dalam pakan biji ini meliputi protein, lemak, dan hidrat arang.

Biji Kenari
Biji Kenari

Beberapa zat tersebut, dipercaya mampu menyegarkan tubuh, menambah stamina atau spirit, dan membenahi suara burung terutama untuk yang bersuara serak dan macet bunyi. Disamping itu, lapisan kulit yang ada pada biji kenari, banyak dibilang cukup mudah terkelupas sehingga lebih mudah dicerna oleh burung khususnya untuk lovebird. Akan tetapi, jika jenis konsumsi bijian ini terlalu ditekankan atau tidak divariasi dengan makanan lain misalkan milet, maka bisa menyebabkan obesitas atau kegemukan pada burung.

Jagung Muda

Untuk makanan lovebird yang satu ini, sebaiknya memilih jenis jagung manis. Mengapa bisa begitu, sebab selain rasa manisnya yang cukup disukai oleh burung, jagung tersebut ternyata juga mengusung beragam manfaat. Salah satunya adalah mampu menjaga kesehatan pada bagian mata lovebird. Selain itu, pakan biji ini juga dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan kekuatan otot burung.

Jagung Muda
Jagung Muda

Beberapa kandungan yang terdapat didalamnya antara lain folat, crypthoxanthin, vitamin B dan C, beta karoten, dan lain sebagainya. Anda bisa mencampurkan antara milet putih dan merah, kemudian menambahkan sedikit ketan atau padi.

Biji Oat atau Haver (Avena Sativa)

Selain bermanfaat besar bagi manusia, ternyata biji oat juga bagus diberikan kepada burung paruh bengkok seperti lovebird dan parkit, serta jenis burung pemakan biji-bijian lainnya. Karena pakan lovebird berupa bijian ini memiliki kandungan kalori, karbohidrat dan protein yang tinggi, maka sangat baik diberikan pada indukan burung yang sedang merawat anakannya. Apabila piyikan diloloh oleh sang ibu dengan jenis konsumsi biji ini, maka kemungkinannya ia akan tumbuh lebih pesat.

Biji Oat
Biji Oat

Peran dari biji oat juga sangat bermanfaat untuk mempercepat pemulihan burung sehabis sakit dan meningkatkan kegemukan pada burung yang memiliki tubuh cenderung kurus. Selain itu, masih ada banyak lagi manfaat dari biji tersebut. Semisal memperbaiki sistem kerja organ-organ pencernaan, menenangkan dan mempercepat mabung, membenahi struktur jaringan bulu dan kulit agar tidak mudah iritasi, menjadikannya tenang dan tidak mudah stres, terbebas dari kolesterol jahat shingga melancarkan sistem peredaran darah dan fungsi jantung, dan lain sebagainya.

2. Makanan Lovebird Jenis Sayur dan Buah

Selain biji-bijian, sebenarnya burung jenis ini juga menyukai makanan yang terdiri atas sayuran seperti

Kecambah atau Toge

Hampir sama manfaatnya dengan apel, yang mana kecambah juga mampu meningkatkan stamina lovebird sehingga lebih sehat, aktif, dan rajin gacor atau buka paruh (berkicau). Disamping itu, jenis makanan lovebird ini juga sangat disukai burung. Tak hanya itu saja, biji yang mulai berkecambah dianggap mempunyai kandungan nutrisi yang lebih lengkap daripada bijian yang masih mentah. Jadi, tidak ada salahnya jika berkeinginan untuk mencobanya supaya suara gacor ngekek yang dimiliki lovebird lebih lantang dan panjang.

Kecambah Pakan Burung
Kecambah Pakan Burung

Kangkung

Kangkung mempunyai gizi yang tinggi dan cukup lengkap. Sehubungan dengan itu, aneka macam kandungan yang terdapat di dalam sayuran segar banyak dipercaya dapat meningkatkan birahi lovebird sehingga ia menjadi lebih rajin berkicau. Dengan begitu, tak heran jika kangkung kerap dijadikan sebagai bekal pokok terhadap burung yang hendak dilombakan. Tidak hanya itu saja, karena dianggap mampu mendongkrak tingkat birahi, kangkung juga kerap disajikan sebagai makanan lovebird yang tengah dikembangbiakkan atau dibudidaya.

Kangkung Pakan Lovebird
Kangkung Pakan Lovebird

Untuk bagian kangkung yang baik diberikan pada burung paruh bengkok adalah daunnya, sebab batang mempunyai kadar air yang lebih tinggi sehingga lebih mudah membusuk. Meski begitu, bukan berarti daun bisa dibiarkan di dalam sangkar dengan waktu yang lama dan terus dimakan oleh lovebird. Hal yang perlu dilakukan adalah rutin menggantinya dengan sayuran yang lebih segar. Apabila dalam jangka waktu yang lama tetapi kangkung tidak habis juga dan tetap disediakan pada burung (tidak diganti) maka akan mengalami pembusukan sehingga berdampak tidak baik bagi tubuh terutama kesehatan burung.

Buah Apel Merah

Pakan lovebird buah segar dipercaya mampu meningkatkan stamina burung. Lebih baiknya lagi jika memilih apel merah dibanding dengan yang hijau. Selain lebih manis, apel merah juga dinilai memiliki kandungan yang lebih tinggi daripada yang berwarna hijau. Namun sebelum disajikan pada burung khususnya lovebird, ada baiknya jika dibersihkan terlebih dahulu dengan cara dicuci. Tujuannya supaya buahan segar ini lebih steril atau terjauh dari bahan-bahan yang mengandung zat berbahaya seperti pestisida.

Apel Merah Pakan Lovebird
Apel Merah Pakan Lovebird

3. Makanan Lovebird Jenis Binatang Hidup.

Salah satu jenis serangga yang bisa kita berikan pada lovebird adalah jangkrik.sebab kandugan nutrisi pada jangkrik ampuh untuk menjaga lovebird dari stres dan juga bisa untuk membangkitkan gairah pada induk betina yang sudah siap untuk di jodohkan..

Pakan tambahan berupa unggas ini hanya kita berikan 3-5 hari 1-2 ekor saja,jika untuk induk yang akan berjodoh,bisa id berikan lebih untuk membantu menambah tingkat birahi supaya sang induk cepat untuk melakukan perkawinan.

Jangkrik Pakan Lovebird
Jangkrik Pakan Lovebird

Selain jangkrik,lovebird juga bisa di berikan pakan lain berupa sotong seperti yang telah kita ketahui,jika sotong banyak memiliki kandungan nutrisi tinggi,bagus untuk kesehatan dan kebugaran lovebird agar selalu prima dalam mengeluarkan kicauan.Simak Juga 5 Jenis Lovebrids Memiliki Kicau Gacor

Nah,Supaya lovebord mampu berkicau ngekek dan ngerol panjang,perlu untuk kita berikan beberapa jenis foding kusus yang di antaranya adalah biji bunga matahari,biji kedelai,biji kacang hijau,biji kacang merah yang mana kandungan nutrisi akan membuat metabolisme tubuh lovebird mampu mengeluarkan suara dengan lantang.

4. Pemberian Suplemen Dan Vitamin pada Lovbird

Dan yang terahir,jangan lupa juga untuk selalu memberikan vitamin dan suplemen kusus.hal ini untuk menjaga keseimbangan antar makanan harian yang kita berikan.selain itu,fungsi lain dari vitamin untuk menguatkan daya tahan tubuh supaya lebih kebal terhadap berbagai serangan panyakit..

Apalagi saat musim penghujan,Maka pemberian vitamin dan suplemen kusus perlu untuk kita tingkatkan.sebab di musim ini,kenari akan lebih mudah terserang berbagai penyakit.untuk menghindarinya,maka bisa di berikan beberapa vitamin dan meneral tersebut..

Tidak perlu saya sebutkan jenis vitamin dan suplemen yang bisa nada berikan,banyak dijual di toko dan media online lain,anda bisa mencari sendiri sesuai keinginan.nanti jika saya sebut malah di kira promosi. Mungkin hanya ini saja yang bisa saya sampaikan,jangan lupa baca juga Irama Nada Suara Lovebird Masteran Semoga bisa membantu.

B. Makanan Anak (piyek) Lovebird

Untuk anak burung Lovebird, sangat dianjurkan kepada peternak agar membiarkan induknya sendiri yang meloloh dan memilih mana anak yang sehat dan akan tumbuh menjadi dewasa, dan mana anak yang tidak sehat dan akan dibiarkan mati. Biasanya secara naluri induk burung akan mengetahuinya.

Sedangkan bagi anda yang ingin memelihara dan meloloh sendiri anak burung, ada baiknya anda mengambil burung tersebut setelah 14 hari atau setelah bulu bulu halusnya keluar. Atau jika sangat terpaksa, anda bisa mengambilnya setelah 3 atau 5 hari.

Untuk makanan anak burung, harus diperhatikan kebersihan, alat untuk meloloh, komposisi gizi, dan kandungan vitamin maupun mineralnya. Beberapa makanan untuk anak burung bahkan harus diperhatikan keencerannya dan alat-alat yang digunakan untuk meloloh juga tidak sembarang.

Membuat pakan untuk anak burung Lovebird

  1. Pertama siapkan terlebih dahulu blender, sendok dan juga timbangan.
  2. Siapkan pelet atau voor fancy: 450 gram
  3. Bubur SUN
  4. Tepung jagung atau tepung maizena: 360 gram
  5. Rumput laut: 150 gram
  6. Vitachick produk medion: 15 gram
  7. Neobro produk medion: 15 gram
  8. Canary post produk Eka Farma: 15 Gram

Proses buatan

  1. Pertama, campuran terlebih dahulu voor fancy dan maizena hingga rata.
  2. Kedua, campuran bubur SUN, vitachick, neobro dan canary post.
  3. Setelah itu, anda bisa mencampurkan bahan pertama dan bahan kedua hingga benar benar tercampur secara merata.

Pemberian Makan pada Anak Burung

Setelah makanan jadi dan siap, anda bisa menyimpan sisanya untuk kebutuhan dikemudian hari. Namun, perlu diingat, dalam menyimpan makanan burung yang telah anda buat tersebut harus di tempat yang kering dan hindarilah tempat-tempat yang lembab atau basah. Gunakan kemasan plastik yang bisa dibuka maupun ditutup agar lebih aman dan kedap udara dan mudah diambil.

Sediakan makanan yang telah anda buat secukupnya. Kemudian, encerkan dengan air hangat kira-kira suam-suam kuku. Buatlah makanan tersebut menjadi sedikit lebih encer apabila anak burung masih kecil. Seiring dengan perkembangan burung yang semakin besar dan semakin kuat, anda bisa mengurangi keenceran makanan yang anda berikan.

Referensi : Dari berbagai sumber

Artikel Lainnya

Tips Membeli dan Memilih Burung Kicau di Pasar

Bagi penggemar burung kicau yang sudah berpengalaman, mencari burung di pasar burung kicau tentu bukan …

X