Kamis , 18 April 2019
Beranda / Burung Kicau / Jenis Kenari dan Istilah Persilangannya

Jenis Kenari dan Istilah Persilangannya

Burung kenari (Serinus Canaria) pertama ditemukan  di Kepulauan Canary pada abad ke-15. Keaneka ragaman burung kenari yang sekarang merupakan perkembangan keturunan kenari liar yang bernama latin Serinus Canarius.

Burung kenari pada saat ini sangat populer di Indonesia bahkan di dunia. Melihat burung satu ini yang gemar menyanyi dengan suaranya yang merdu tentu menjadikan pemiliknya merasa bangga telah memilikinya.

Kicauannya yang bervariasi karena memiliki kemampuan menirukan variasi baru dari suara burung lain membuat hati lebih sejuk dan nyaman, karena kicauannya tidak kasar tapi terkesan lembut.

Kelebihan dari burung kenari menyebabkan pecinta burung dunia berlomba lomba untuk membuat hasil keturunan yang terbaik untuk jenis burung ini. Sehingga banyaknya variasi jenis ini bukan hanya merupakan kondisi alam tetapi  juga sebagian besar karena ternak kawin silang yang terjadi sejak lima abad yang lalu.

Karena sering digunakan untuk kawin silang tersebut maka penghobi burung di Indonesia terutama di kota kota besar memberikan nama dengan istilah-istilah baru seperti Loper, impor, lokal, F1, F2, F3, AF, YS,  dan sebagainya.

Istilah F yaitu diambil dari kata keturunan, dimana F1 adalah keturunan ke satu, F2 adalah keturunan kedua, dan F3 adalah keturunan ke tiga, begitu seterusnya.

Istilah tersebut menjadi salah satu penyebutan yang lebih tepat yang berdasarkan persilangan antara burung kenari jenis satu dengan jenis kenari lainnya.

Jenis Kenari dan Istilah Persilangannya
Serinus Canaria

Pada umumnya burung kenari F2 merupakan perwakilan dari perkawinan antara  kenari Yorkshire  dengan F1. Saat ini di Indonesia, burung kenari dari hasil persilangan inilah yang semakin diminati banyak orang kemudian menjadi tren positif yang menghasilkan keturunan yang berkualitas yang sering diikutsertakan dalam ajang perlombaan burung kenari.

Bagi yang masih belum mengerti perbedaan istilah burung kenari di Indonesia  maka berikut ini sedikit penjelasan buat anda:

  • Kenari YS:  YS adalah singkatan dari  YorkShire, yaitu kenari impor yang berasal dari Inggris. Kenari ini menjadi indukan utama atau pokok karena kenari ini dianggap memiliki bentuk tubuh serta warna yang sempurna.
  • Kenari AF : Ini merupakan persilangan antara kenari F1 dengan  kenari Lokal .
  • Kenari  AFS: Persilangan antara kenari F1 dengan  kenari F1 .
  • Kenari Lokal: Kenari yang telah lama dikembangbiakkan di Indonesia.
  • Kenari Loper (Lokal Super): Merupakan hasil persilangan antara AF dengan Lokal
  • Kenari Impor: Kenari yang berasal dari luar negeri atau yang telah dikembangbiakkan di luar Negeri, seperti Yorkshire, Norwegia, Norwich, dll.
  • Kenari F1: Persilangan antara  kenari Yorkshire  dengan kenari lokal.
  • Kenari F2: Persilangan antara kenari Yorkshire dengan kenari F1.
  • Kenari F3: Persilangan antara kenari Yorkshire dengan kenari F2.
  • Kenari F4: Persilangan antara kenari Yorkshire dengan kenari F3.

Burung kenari sendiri terdiri dari beberapa jenis, setiap jenis memiliki keunikan tersendiri baik dari warna bulunya ataupun dari kicauannya. Selain istilah yang biasa ada di Indoneisa sebenarnya jenis burung kenari yang ada berbagai belahan dunia adalah sebagai berikut.

1. Burung Kenari Yorkshire

Jenis Kenari Yorkshire

Burung kenari jenis Yorkshire merupakan hasil dari proses persilangan antara jenis kenari belgia dengan jenis kenari Lancashire, burung ini memiliki keunikan dari bentuk tubuhnya yang mirip dengan bentuk wortel dan juga memiliki kebiasaan unik berdiri tegak dengan kaki yang panjang.

Panjang dari yorkshire sekitar 16 centi meter, dan biasanya dalam perlombaan, burung ini dinilai dari keindahannya. Kenari ini juga bisa dibilang harganya lebih mahal dari kenari jenis lain (download:  suara kenari Yorkshire ).

2. Burung Kenari Norwich

Jenis Kenari NorwichPada mulanya kenari jenis ini dibawa ke daratan inggris oleh para penenun dari bangsa Flam, tepatnya di kota Norwich karena menghindari pembantaian oleh bangsa Spanyol.

Burung kenari Norwich memiliki ciri-ciri yaitu bentuk tubuhnya agak bulat, serta memiliki bulu yang agak tebal. Bentuk dadanya lebih lebar serta punggungnya yang pendek dan lebar, dan sayapnya lebih pendek. Kenari jenis ini warnanya yang paling banyak ditemui adalah warna hijau.

Burung ini tampak sangat cantik dengan bulunya yang berwarna hijau dengan memiliki panjang tubuhnya yang mencapai 15-16 cm

3. Burung Kenari Border

Jenis Kenari BorderBurung kenari yang unik dan juga menarik ini merupakan jenis kenari yang banyak ditemukan di Negara perbatasan antara Scotlandia dan juga inggris, Kenari ini berasal dari Cumberland Facy yang juga tedapat di daerah perbatasan atau Border.

Selain itu burung ini juga memiliki keunikan dari bentuk tubuhnya yang serba bulat walau dilihat dari berbagai sudut pandang. Keunikan pada bentuk tubuhnya menjadikan burung ini sering memenangkan kontes, burung kenari Border memiliki ukuran panjang sekitar 14 cm.

4. Burung Kenari Cinnamon

Jenis Kenari CinnamonKenari cinnamon pertama kali dikembangkan pada abad ke-19 di inggris. Kenari cinnamon adalah mutasi dari burung liar dari spanyol. Perlu anda ketahui bahwa bulu kenari adalah bulu yang terbaik dari semua ras.

Jenis burung kenari ini hampir sama dengan jenis Norwich, burung ini sangat unik dan menarik dengan memiliki bentuk tubuhnya yang serba bulat dengan bentuk dada yang bidang, bagian punggungnya, sayap, paruh dan ekornya agak pendek. Burung kenari Cinnamon memiliki panjang tubuh sekitar 15-16 cm.

Kenari cinnamon memiliki karakteristik yang menonjol pada warna bulunya, dan masuk dalam varietas warna (color bred variety). Sedangkan sifatnya, kenari cinnamon adalah jenis kenari yang stabil, dan mandiri.

5. Burung Kenari Lancashire

Jenis Kenari LancashireKenari lancashire diyakini sudah ada di Inggris sejak abad ke-18. Sekitar tahun 1870, varietas ini banyak digunakan untuk mengembangkan jenis kenari lainnya seperti crested, norwich, dan yorkshire.

Namun banyak penangkar yang melakukan perkawinan silang (persilangan / crossing) , sehingga jumlah lancashire galur murni (standar) pun menurun drastis, dan dinyatakan punah pada masa Perang Dunia II.

Kenari Lancashire merupakan jenis burung kenari yang sudah sangat jarang ditemukan spesies aslinya, karena burung ini sering disilangkan dengan jenis kenari lainnya yang salah satu hasil dari persilangan burung ini yaitu jenis Yorkshire.

Burung ini memiliki ukuran tubuh yang besar dan paling besar diantara jenis burung kenari pada umumnya, jenis burung ini terdapat dua varian yaitu jenis Lancashire Coppy yang memiliki jambul diatas kepalanya dan juga jenis Lancashire Plain yang kepalanya polos.

6. Burung Kenari Gloster atau  Burung Kenari Crested

Jenis Kenari GlosterBurung kenari jenis ini bentuk tubuhnya berukuran tidak melebihi 11 centi meter. Dan biasanya dalam ajang perlombaan, kenari Gloster tubuhnya tidak boleh lebih dari 11 centi meter. Ciri-ciri yang mencolok pada burung ini adalah warna bulunya yang kuning, serta sayapnya yang agak kehijau-hijauan, serta warna ekor yang putih. Burung kenari Gloster ada juga yang memiliki jambul, dan itu disebut dengan kenari Gloster Corona, sedangkan yang tidak memiliki jambul disebut dengan Kenari Gloster Consort .

Jika dilihat dari ukuran tubuhnya, burung kenari jenis ini termasuk jenis kenari yang paling kecil dari burung kenari pada umumnya. Burung ini memiliki keunikan dari jambul yang ada di atas kepalanya, sehingga burung ini menjadi salah satu jenis burung kenari yang mendapat banyak perhatian pada saat mengikuti kontes.

Jenis burung kenari ini termasuk jenis paling tua diantara kenari-kenari lainnya, Crested Canary sudah ada sejak tahun 1950-an. Pada awalnya burung kenari ini lebih dikenal dengan sebutan Turn Crown dan pada awal abad sekarang ini lebih dikenal dengan sebutan King of The Fancy.

Keunikan burung kenari ini terlihat pada bagian kepalanya yang agak mengembang ke depan sampai pada bagian paruhnya yang hampir menutupi seluruh bagian matanya. Sedangkan pada bagian belakang kepalanya sedikit lebih luas dan ditutupi dengan bulu yang tebal dan juga halus, sehingga burung ini terlihat sangat menarik.

7. Burung Kenari London Fancy

Jenis Kenari London FancyBurung kenari dengan jenis London Fancy merupakan jenis kenari yang telah dinyatakan punah dan burung ini juga sangat sulit sekali ditelusuri asal usul yang sebenarnya.

Banyak yang menyebutkan asal kenari dari london sesuai dengan namanya yaitu berasal dari Inggris, tepatnya di kota London. Banyak penangkar kenari yang menyebut jenis kenari london sudah langka, bahkan ada yang bilang sudah punah.

Keunikan dari burung ini yaitu dari bulunya yang berwarna keemasan yang mengkilap dan warna hitam pada bagian sayap serta bagian ekornya. Burung ini berasal dari inggris yang warna asli dari burung ini memiliki corak bintik-bintik hitam pada tubuhnya.

8. Burung Kenari Scotch Fancy

Jenis Kenari Scotch FancyBurung Kenari scotch fancy atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan scotch fancy canary. Kenari jenis ini adalah salah satu yang cukup populer di eropa, khsusnya inggris dan skotlandia. Di inggris, kenari scotch fancy lebih dikenal dengan “The Glasgow Don atau Bird O Circle.”

Para pecinta burung di inggris raya lebih menyukai jenis kenari yang satu ini karena bentuknya yang unik, dan bagi mereka kenari scotch adalah salah satunya. Kenari scotch fancy ini berasal dari skotlandia dan dikembangkan pada sekitar tahun 1900-an.

Burung ini memiliki leher yang panjang dan juga ramping, pada bagian bahu terisi penuh tetapi agak sempit serta bulat, sedangkan pada bagian sayapnya berukuran cukup panjang dan menempel sangat kuat pada tubuh dan juga kakinya yang panjang.

Ciri khasi dari kenari scotch fancy ini adalah posturnya yang membungkuk menyerupai lingkaran. Panjang burung kenari scotch fancy ini sekitar 17 cm dengan tubuh panjang dan sempit serta membentuk lekukan seperti halnya bulan sabit. Kenari scotch fancy ini masuk dalam varietas postur atau posture variety.

9. Burung Kenari Belgian

Jenis Kenari BelgianKenari belgia mulai popular dan banyak dikembangbiakkan sejak akhir tahun 1800-an. Namun akibat Perang Dunia I yang memakan banyak korban jiwa, perkembangan kenari belgia di negara asalnya terus mengalami penurunan, bahkan nyaris punah.

Selepas Perang Dunia, kenari belgia justru banyak dikembangkan di beberapa negara Eropa, bahkan dijadikan bahan untuk menghasilkan keturunan dan beragam varietas yang popular seperti scoth fancy, lancashire, dan yorkshire.

Bagi pecinta burung di Eropa, belgian fancy bisa dianggap sebagai kenari bangsawan, karena bentuk tubuhnya yang anggun dan unik. Kepala dan leher tampak menonjol keluar dari bahunya. Tubuhnya terlihat membungkuk seperti bumerang.

Jika dilihat, sepintas burung ini seperti burung yang cacat, ukuran kepalanya yang sangat kecil mirip dengan kepala ular. Sehingga burung ini hanya diambil pada bagian bentuk tubuhnya saja. Untuk mengembang biakan burung kenari ini cukup sulit, bahkan untuk menetaskan telurnya harus menggunakan indukan kenari lain.

10. Burung Kenari Frill

Jenis Kenari FrillBurung kenari Frill yang terkenal adalah jenis parisian frill atau parisian canary. Jenis   parisian frill  adalah varietas kenari ini tergolong paling unik diantar kenari jenis lainnya.

Selain postur tubuhnya paling besar, dengan panjang sekitar 20 – 23 cm, kenari paris juga memiliki bulu-bulu ikal atau keriting. Hanya bulu sayap dan ekornya saja yang tidak keriting.

Panjang ekornya bisa mencapai 12 cm. Bukan hanya itu keunikan kenari paris. Jari-jari kakinya juga bisa diputar-putar.

Parisian frill hanyalah salah satu jenis kenari frill. Jenis kenari frill lain yang juga terkenal adalah french frill, milanese frill, gibberitalicus, giboso espanol, japanese frill, northern dutch frill, southern dutch frill, munich frill, scotch fancy frill, swiss frill, roebekian frill, hunchback frill, dan brazilian frill.

Bahkan dari jenis kenari jambul (crested canary) pun ada yang termasuk frill, seperti padovan frill dan florin frill.

11. Burung Kenari Fite Fancy

Jenis Kenari Fite FancyKenari Fife Fancy, Si Kecil Dari Skotlandia mempunyai nama Fife Fancy Canary dalam bahasa inggris. Kenari fife fancy memiliki beberapa keunikan dan keistimewaan.

Kenari fife fancy masuk dalam varietas postur atau posture variety karena sengaja dikembangkan atau diternak untuk mendapatkan bentuk postur tubuh yang bagus, dan tidak mengutamakan suara maupun warna bulunya.

Kenari fife fancy dikembangkan pada sekitar tahun 1950 di daerah Fife di Skotlandia. Pada dasarnya, kenari fife fancy sama persis dengan kenari border atau border canary, hanya saja ukuran kenari fife lebih kecil yaitu 11 cm panjangnya.

Burung kenari ini merupakan jenis kenari baru, bentuk tubuhnya hampir sama dengan jenis London Fancy dan yang membedakannya hanya pada ukuran tubuhnya yang lebih kecil dan juga pada bulu bagian saya serta ekornya yang berwarna putih. Sedangkan panjang tubuhnya tidak lebih dari 11 cm, namun jenis burung kenari Fite Fancy sangat mudah untuk diternakan dan dapat menghasilkan warna bulu yang bervariasi.

12. Burung Kenari Roller

Jenis Kenari RollerBurung kenari jenis Roller merupakan jenis kenari yang berasal dari keturunan dari Jerman, burung ini berasal dari pegunungan Hartz. Penduduk sekitar banyak yang mengembang biakan burung ini, burung ini merupakan jenis kenari yang pandai berkicau dan kicauannya pun sangat lantang dan merdu.

Kemerduan dan kepintaran kenari roller jerman menginspirasi sekelompok wanita di Boston untuk mencipta varietas baru dengan menyilangkannya dengan kenari border asal Inggris. Hasilnya adalah kenari american singer yang hingga kini menjadi jenis kenari yang paling popular di Amerika Serikat.

Kenari roller banyak dikembangbiakkan untuk lagu-lagunya tanpa memikirkan bentuk dan penampilannya. Karena itu, banyak ditemukan jenis kenari roller dengan penampilan dan ukuran tubuh berbeda-beda.

13. Burung Kenari Red Intensive Canary

Jenis Kenari Red Intensive CanaryJenis burung kenari ini lebih dikenal dengan nama kenari merah, burung ini sangat cantik dan menarik dengan warna bulunya yang hampir bagian tubuh seluruhnya berwarna merah.

Burung ini asli berasal dari kawasan Samudera Atlantik dengan memilikiukuran panjang tubuhnya yang mencapai 14 cm.

Burung ini siap untuk dijadikan sebagai indukan setelah burung ini berumur sekitar 7-8 bulan, sedangkan kenari merah jantan dapat dikawinkan setelah memasuki usia 10-12 bulan.

Pada saat bertelur, telurnya hanya butuh waktu 15 hari untuk menetas dan setelah 25 hari indukan dapat dikawinkan kembali.

14. Burung Kenari Red Factory Canary

Jenis Kenari Red Factory CanaryKenari ini kali pertama dikembangkan pada 1930-an oleh Dr Hans Duncker (Jerman) dengan menyilangkan siskin merah (jantan) dengan kenari kuning (betina). Beberapa orang mengatakan leluhur dari kenari kuning yang digunakan Hans adalah Roller Jerman, sementara yang lainnya menyakini sebagai kanari Border.

Red Factor Canary atau sering disebut juga kenari merah merupakan salah satu jenis kenari yang sangat populer. Burungnya sangatactif dan bergairah. Burung ini relatif mudah dipelihara namun perlu usaha yang lumayan keras untuk menernakkannya sehingga menghasilkan keturunan yang bagus.

Red Factor Canary termasuk “color canary” dan sebenarnya juga merupakan Color Bred Canary tetapi memiliki “red factor” sebagai bagian dari struktur genetiknya.

 

Referensi :

http://www.wikipedia.com

http://www.omkicau.com

http://www.budidayakenari.com

 

 

Artikel Lainnya

Tips Membeli dan Memilih Burung Kicau di Pasar

Bagi penggemar burung kicau yang sudah berpengalaman, mencari burung di pasar burung kicau tentu bukan …

X