Minggu , 18 Agustus 2019
Beranda / Burung Kicau / Guratan Merah Di Kaki Burung Kenari Pertanda Infeksi

Guratan Merah Di Kaki Burung Kenari Pertanda Infeksi

Canary with poxBurung kenari termasuk hewan yang sangat rentan terhadap penyakit dan pengaruh lingkungan yang tidak bersahabat atau terserang suatu infeksi. Perbedaan cuaca panas dan dingin pada waktu siang dan malam han, kondisi sangkar yang kurang sehat, pemberian menu makanan yang kurang baik, semuanya dapat menyebabkan munculnya gangguan kesehatan bagi burung kenari.

Burung kenari yang sudah terserang penyakit umumnya sangat sulit untuk disembuhkan. Kalaupun dapat disembuhkan, burung kenari tersebut tatap harus mendapat perhatian khusus dalam waktu yang relatif lama.

Seperti halnya mengenai burung kenari sakit yang diawali dengan adanya tanda guratan merah di kaki, khususnya pada betis dan buku-buku jari kaki. Hal itu merupakan pertanda terjadinya infeksi yang harus segera ditangani agar tidak menjalar dan menyebabkan kondisi sakit kronis atau bahkan kematian pada burung.

Penyebab infeksi bisa dikarenakan serangan jamur, luka gores akibat jeruji atau bagian lain yang tajam seperti sangkar dan asesoris lain, bahkan gigitan nyamuk juga bisa.

Jika hal itu baru diketahui setelah menjalar, penanganannya menjadi relatif sulit. Sebagian besar burung yang sudah menunjukkan gejala sakit seperti itu, akan sulit tertolong. Atau jika bisa disembuhkan dengan antibiotik, kondisinya sudah cacat.

Untuk mencegah terjadinya kondisi itu pada burung, khususnya kenari, maka perlu diperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

  • Selalu lindungi burung dengan cara, menempatkan burung pada sangkar yang dikerodongi rapat dengan bahan tipis atau transparan.
  • Pastikan tidak ada bagian tajam di sangkar burung, misalnya bagian dasar sangkar yang menggunakan jeruji. Pastikan tempat pakan dan minum menggunakan bahan yang dindingnya benar-benar tidak tajam, lantaran burung suka nangkring ketika makan atau minum. Wadah pakan yang bersisi tajam bisa melukai kaki burung yang memicu terjadinya infeksi dan sering kali kita mengabaikan hal tersebut.
  • Lakukan pengecekan rutin ke semua bagian tubuh burung setiap hari, meski dengan pengamatan tanpa perlu memegang burung.
  • Ambil tindakan jika terlihat adanya gerak-gerik burung yang selalu mematuk bagian kaki atau tidak nyaman saat bertengger, mungkin itu awal gejala infeksi.

Referensi : Om Kicau

Artikel Lainnya

Serinus Canaria

Jenis Kenari dan Istilah Persilangannya

Burung kenari (Serinus Canaria) pertama ditemukan¬† di Kepulauan Canary pada abad ke-15. Keaneka ragaman burung …

X