Sabtu , 30 Mei 2020
Beranda / Laman

Alap-Alap Macan

Alap Alap

Sort By: Nama BurungDate postedDate last modified
Alap-Alap Macan
Nama Burung: Alap-Alap Macan
Kategori Burung:
Deskripsi:

Alap-alap macan (bahasa Latin = Falco severus) adalah spesies burung dari keluarga Falconidae, dari genus Falco. Burung ini merupakan jenis burung pemakan serangga, burung kecil yang memiliki habitat di hutan dataran rendah, kebun campuran.

Alap-alap macan memiliki tubuh berukuran kecil (25 cm). Warna merah karat dan hitam, sayap panjang. Kepala dan tubuh bagian atas abu-abu gelap dengan corak kebiruan. Tubuh bagian bawah coklat berangan. Dagu kuning kebo. Remaja: dada merah karat bercoret hitam. Iris coklat, paruh abu-abu, sera kuning, tungkai dan kaki kuning. Gerakan lebih lincah dibanding Alap-alap sapi.

Terbang cepat berburu serangga diatas tajuk pohon. Lebih sering beristirahat di pohon daripada di batu cadas. Sarang pada pohon besar, atau bekas burung lain. Telur berwarna krem, berbintik hijau dan coklat, jumlah 4 butir. Berbiak bulan Juni.

Alap-Alap Sapi
Nama Burung: Alap-Alap Sapi
Kategori Burung:
Deskripsi:

Alap-alap sapi (bahasa Latin = Falco moluccensis) adalah spesies burung dari keluarga Falconidae, dari genus Falco. Burung ini merupakan jenis burung pemakan mamalia kecil, kelelawar, burung, kadal, serangga yang memiliki habitat di daerah terbuka di semua ketinggian. kebun, tegalan, tepi hutan, atau perkotaan.

Alap-alap sapi memiliki tubuh berukuran kecil (30 cm). Jantan: Tubuh bagian atas coklat gelap. Mahkota dan Tubuh bagian atas kekuningan, bergaris dan bintik hitam tebal. Tubuh bagian bawah kuning suram dengan coretan hitam tebal. Ekor abu-abu kebiruan ujung putih dan garis lebar hitam di sub-terminal. Betina: ukuran lebih besar, garis tebal pada ekor. Iris coklat, paruh abu-abu kebiruan, ujung hitam, sera kuning, tungkai dan kaki kuning.

Terbang melingkar perlahan, melayang-layang diam sambil mengepak sayap. Menukik saat memangsa. Bertengger pada tiang, pohon, batu cadas. Sarang besar dari ranting, berlapis daun, epifit, atau lumut, pada pohon terisolir, atau pada lubang pohon. Telur berwarna kemerahan, berbintik coklat, jumlah 4 butir. Berbiak bulan April-Agustus.

Alap-Alap Layang
Nama Burung: Alap-Alap Layang
Kategori Burung:
Deskripsi:

Alap-alap layang merupakan burung pemangsa dari keluarga Falconidae. Burung ini termasuk jenis falkon yang terkecil, dengan panjang sekitar 30cm.

Alap-alap layang menyerupai alap-alap erasia, berwarna coklat dan berekor panjang. Dibandingkan dengan alap-alap erasia, alap-alap layang memiliki warna yang lebih pucat dan tanda hitam yang kurang tebal. Pada burung jantan, dahi akan berwarna abu-abu dan tengkuk berwarna coklat.

Burung remaja mirip dengan burung betina, namun sedikit lebih suram, bagian bawah merah karat lebih keabu-abuan dan bagian atas bergaris-garis hitam lebih tebal. Iris berwarna cokelat, paruh abu-abu dengan ujung hitam dan sera kuning, tungkai dan kaki kuning. Kebiasaan

Burung ini merupakan penerbang yang sangat anggun, terbang melingkar perlahan, perilaku lebih mirip elang, sering bertengger di cabang terbuka yang menjuntai ke padang rumput, dan memangsa buruannya di atas tanah, terbang dengan mengepakkan sayapnya secara santai, menukik tajam dengan sayap terangkat untuk menangkap mangsanya.

Alap-alap layang merupakan burung karnivora yang memakanan burung mamalia kecil, serangga, reptil dan burung yang berukuran kecil.

Penetap di Australia dan Pulau Papua bagian selatan, bermigrasi ke utara pada musim dingin sampai ke Nusa Tenggara dan Maluku. Kadang – kadang ditemukan tersesat sampai Jawa dan Bali.

Alap-Alap Kawah
Nama Burung: Alap-Alap Kawah
Kategori Burung:
Deskripsi:

Alap-alap kawah (Falco peregrinus) atau Peregrine Falcon dalam bahasa Inggris adalah salah satu spesies alap-alap berukuran besar, dengan panjang sekitar 50 cm. Burung ini memiliki bulu berwarna hitam, kelabu dan biru, berparuh kuning besar dengan ujung hitam lancip dan berekor pendek. Dada dan perut berwarna putih dengan garis-garis hitam. Burung betina serupa, tapi biasanya berukuran dan mempunyai paruh lebih besar dari burung jantan.

Mangsa utama alap-alap kawah adalah aneka burung berukuran sedang, seperti merpati dan kerabatnya, nuri, jalak dan ayam. Burung-burung ini diburu biasanya pada waktu sedang terbang. Alap-alap ini juga memangsa hewan-hewan lain, seperti kelinci, kelelawar, serangga, kadal dan ikan.

Alap-alap kawah diketahui sebagai salah satu makhluk tercepat di dunia. Pada waktu terbang mengejar mangsanya, burung ini dapat mencapai kecepatan 320 km/jam.

Sekitar sembilan belas subspesies dikenali dengan daerah yang tersebar hampir di seluruh belahan bumi, dengan perkecualian di Antartika. Hampir semua subspesies di belahan bumi utara bermigrasi pada musim dingin ke daerah yang lebih hangat. Termasuk Falco peregrinus calidus dari Asia utara yang bermigrasi ke wilayah-wilayah pesisir dan dataran rendah kepulauan Sunda Besar.

Ras penetap (non-migran) elang peregrine F.p. ernesti, dijumpai di pegunungan-pegunungan di Sumatera utara dan barat, Kalimantan utara, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Ambon, Ternate, Papua dan beberapa pulau di sekitarnya. Ras ini berwarna lebih gelap di dada dan jarang ditemukan.

Spesies ini mempunyai daerah sebaran yang luas. Beberapa dari subspesies terancam oleh hilangnya habitat, penggunaan pestisida dan kontaminasi. Alap-alap kawah diletakkan dalam status Beresiko Rendah pada IUCN Red List dan didaftarkan dalam CITES Appendix I.

Alap-Alap Coklat
Nama Burung: Alap-Alap Coklat
Kategori Burung:
Deskripsi:

Alap-alap coklat (bahasa Latin: Falco berigora) merupakan spesies burung dari keluarga Accipitridae. Burung ini dideskripsikan pertama kali oleh Nicholas Aylward Vigors dan Thomas Horsfield pada tahun 1827.

Burung ini berukuran besar, yakni sekitar 41-53 cm.Tubuh bagian atas dan bawah bertotol coklat. Bulu-bulu tengkuknya tampak berantakan seperti alap-alap lainnya. Mengalami fase pucat dan fase gelap. Tungkainya berwarna kehijauan

Sering bertengger di cabang terbuka yang menjuntai ke padang rumput, dan memangsa buruannya di atas tanah. Perilaku lebih mirip Elang-rawa, terbang dengan mengepakkan sayapnya secara santai, meluncur dengan sayap terangkat, dan melayang-layang.

Alap Alap Australia
Nama Burung: Alap Alap Australia
Kategori Burung:
Deskripsi:

Alap-alap australia (Falco longipennis) adalah burung falkon yang ditemukan khususnya di Australia. Burung ini juga bermigrasi pada musim dingin ke Indonesia dan Selandia Baru. Burung ini merupakan burung pemangsa terkecil di Australia, dengan panjang sekitar 30 – 36 cm. Burung ini sangat menyerupai alap-alap kawah, hanya berukuran lebih kecil dan memiliki bulu yang lebih gelap.

Burung ini mendiami hutan terbuka dan dapat melakukan manuver dengan cepat melalui dedaunan saat mengejar burung lain. Mereka juga dapat beradaptasi dan akan mengunjungi taman kota, kebun, dan semak semak. Mereka akan berburu burung kecil, hingga hampir seukuran mereka sendiri, dan sering terlihat saat senja berburu kelelawar dan serangga besar.

Saat berkembang biak, mereka mengambil alih sarang burung lain. Burung betina akan mengerami telur sementara burung jantan berburu.

X