Kamis , 18 April 2019
Beranda / Burung Kicau / Kenari / Download Suara Kenari

Download Suara Kenari

Banyak pendapat yang menceritakan bagaiman Burung Kenari pertama kali ditemukan dan menyebar keseluruh dunia. Burung kenari (Serinus Canaria) ada yang menyebutkan pertama ditemukan Oleh Pelaut Perancis Jean de Berthan Cout di Kepulauan Canary pada abad ke-15.

Sumber lain mencatat bahwa burung kenari di temukan oleh bangsa spanyol. Nama burung kenari tak berhubungan dengan buah kenari, tetapi diambil dari nama pulau habitat aslinya, merupakan Kepulauan Canary.

Kepulauan itu sendiri mendapat namanya dari bahasa Latin canarias yang berarti (pulau) anjiing, dikarenakan jumlah anjing liar yg ada di sana sangat banyak terhadap era dulu.

Terkesan karena keindahan bulu dan kemerduan suaranya. Keaneka ragaman burung kenari yang sekarang merupakan perkembangan keturunan kenari.

Download Suara KenariBanyaknya jenis ini merupakan kondisi alam atau juga karena kawin silang yang terjadi sejak lima abad yang lalu.

Di habitat alaminya, semua jenis burung kicauan termasuk kenari akan belajar vokal dengan mendengar lagu induknya, juga suara burung jenis lain.

Proses ini akan dimulai sejak burung masih berada dalam sarang, dan berakhir setelah kenari mulai dewasa dan menemukan pasangan hidup untuk berkembang biak.

Pada burung yang dipelihara, melatih kenari muda atau sering disebut anakan bisa dilakukan dengan memutarkan suara masteran berdurasi panjang pada mereka.

Burung kenari memiliki kemampuan untuk menjadi peniru berbakat. Mereka dapat memodifikasi lagu dari spesiesnya sendiri dengan lagu-lagu yang diambil dari burung jenis lainnya.

Banyak penangkar kenari yang memanfaatkan waktu ketika kenarinya masih anakan, dengan melatih dan memperdengarkan berbagai suara, termasuk suara burung kenari lain yang memiliki irama panjang dan mengalun, atau menggunakan suara kicauan dari jenis burung lain seperti nightingale yang memiliki suara dahsyat.

Kenari anakan lebih cepat dalam mempelajari suara yang dilatihkan kepadanya daripada kenari yang sudah dewasa.

Setelah mempelajari lagu-lagu yang didengarnya, maka burung kenari setelah dewasa akan menggabungkan suara-suara tersebut dengan suara aslinya, sehingga menjadi suara kicauan yang lebih indah, variatif, serta memiliki power.

Dengan memutar beberapa rekaman suara burung yang memiliki irama-irama khusus dapat membentuk kenari yang memiliki karakter unik setelah dewasa.

Pentingnya pola perawatan yang konsisten akan menghasilkan burung dengan kualitas bagus siap ikut kontes. Pola perawatan harian burung kenari untuk kontes adalah sebagai berikut :

  1.  Pukul 07.00 Burung diangin-anginkan di luar area
  2. Pukul 07.30 Burung dimandikan atau di semprot saja.
  3. Pukul 08.00 Membersihkan kandang burung, ruang makan, area minum dan lainnya.
  4. Pukul 08.30 Jemur burung kenari 1-2 jam tergantung dari sinar matahari. Ketika menjemur usahakan dipisahkan agar burung tak menonton burung kenari sejenis. Siapkan pakan, minuman air mineral, extrafood dan sebagainya.
  5. Pukul 10.30 Angin-anginkan burung diteras tunggu 10 menit baru sangkar dikrodong.
  6. Pukul 10.45 Burung siap dimasterkan dengan memperdengarkan suara burung kenari masteran yang bervariasi
  7. Pukul 15.30 Angin-anginkan burung agar lebih segar dan apabila dibutuhkan mandikan Burung dan kontrol pakannya seperti mengganti Air minum, sayur atau buah.
  8. Pukul 18.00 Krodong burung dikala tengah malam hari, kemudian diperdengarkan suara masteran kenari kembali hingga pagi.

Untuk membantu Anda dalam memaster anakan kenari atau kenari muda, berikut ini anda dapat download suara kenari dari berbagai jenis burung kenari dengan durasi cukup panjang.

Download Suara Kenari Masteran 1

Download Suara Kenari Masteran 2

Download Suara Kenari Masteran 3

 

Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Burung_kenari

http://omkicau.com

http://www.burungmaster.com

Artikel Lainnya

Ternak Burung Lovebird dengan Cara Poligami

Pada umumnya burung lovebird adalah burung yang bersifat berkelompok atau koloni. Selain itu, Lovebird merupakan …

X