Minggu , 18 Agustus 2019
Beranda / Ternak Burung / Pleci / Cara Ternak Pleci Untuk Pemula di Sangkar Gantung

Cara Ternak Pleci Untuk Pemula di Sangkar Gantung

Burung Pleci, Burung mungil berwarna hijau mempunyai kacamata putih ini sekarang sedang naik daun.  Burung pleci  yang semula hanya seharga 5.000 di ombyokan, sekarang sudah sampai di harga 50.000 rupiah.

Keistimewaan burung pleci ini adalah mempunyai suara tembakan khas yang rapat dan tajam. Karena sekarang sudah banyak orang yang memburu pleci, alangkah baiknya burung pleci tersebut di budidayakan agar tidak punah habitatnya.

Cara mudah untuk ternak burung pleci adalah menggunakan sangkar gantung. Beternak pleci sebenarnya mudah seperti beternak kenari. Akan tetapi perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini agar sukses dalam ternak burung pleci.

Cara Ternak Pleci Untuk Pemula di Sangkar GantungPastikan indukan pleci yang sudah cukup umur, jika jantan pilihlah yang sudah ngalas ngerol dan betina pilih yang sudah cukup matang.

Penjodohan, letakan burung pleci jantan dan betina di beda sangkar, lalu dekatkan sangkar tersebut dan amati selama 1 minggu, jika berjodoh mereka akan berdekatan saat tidur.

Untuk membuktikanya anda bisa memisahkan jarak sangkar agak jauh, jika burung pleci mengeluarkan nada panggilan atau call dan saling bersautan maka penjodohan sudah siap.

Kemudian masukkan kedua burung pleci kedalan satu sangkar yang agak besar, dan siapkan sarang buatan di alamnya.

Pengeraman, dalam proses ini akan cepat terjadi ika birahi burung berada di puncaknya, dengan begitu sekitar 2 minggu akan masuk ke masa bertelur dan 12 hari telur akan menetas.

Pakan, Pemberian pakan yang konsisten dan baik banyak gizinya juga sangat perpengaruh penting, pelci sangat suka dengan jinis pakan seperti Kroto, jangkrik yang di potong-potong kecil,ulat hongkong, pisang kepok.

Perawatan, saat proses berlangsung anda tinggal memisakan pejantan saat burung betina bertelur, sementara di pagi hari bisa anda satukan lagi, hal ini berguna untuk mencegah burung betina enggan mengerami telurnya, pintar-pintar mengatur waktu maka burung betia akan tetap mengerami telurnya dengan baik.

Dalam proses ternak burung pleci ini adalah kesabaran, ketelatenan, dan doa. jika ingin hasil yang baik jangan mudah menyerah dan terus berusaha, selamat mencoba.

Referensi :

http://suaraburung.net/cara-ternak-pleci-untuk-pemula-di-sangkar-gantung.html

Artikel Lainnya

Ternak Burung Lovebird dengan Cara Poligami

Pada umumnya burung lovebird adalah burung yang bersifat berkelompok atau koloni. Selain itu, Lovebird merupakan …

X