Kamis , 24 Oktober 2019
Beranda / Burung Kicau / 10 Cara Mudah Rawat Kacer Siap Lomba + Video

10 Cara Mudah Rawat Kacer Siap Lomba + Video

10 Cara Mudah Rawat Kacer Siap Lomba Ala Om.Pitik

Bermain Kacer bisa menggambarkan nyali laki-laki, harga diri dipertaruhkan jika burung mbagong. Sahabat Ronggolawers, bagaimanapun juga Kacer Mbagong adalah alamiah bagi Kacer sesuai kondisi tubuh dan mentalnya. Burung Kacer yang bagus pun, pasti memiliki karakter mbagong. Namun karena kondisinya yang terawat dengan bagus, sehingga kesehatan dan mentalnya terjaga dari kejadian mbagong.

Memahami karakter Kacer menjadi daya tarik dan tantangan tersendiri termasuk menyesuaikan asupan makan dan vitaminnya, setidaknya pemilik dan perawat Kacer tidak deg-degan saat menurunkan Kacer di ajang lomba. Begitu pula hal yang sama dirasakan oleh Om.Pitik, salah satu Kiermaster dari Yogyakarta yang memiliki naluri tajam dan pintar mengamati calon jagoan di lapangan, dan saat ini sedang merintis jalan mengorbitkan Kacer Paranoid siap tempur di arena kontes di mana saja.

Paranoid Tangguh, tanpa ampun, nampil dari awal hingga akhir kala berada di atas gantangan seakan menjadi sajian Utama untuk membuat lawannya merinding, di tunjang materi suara yang mumpuni Roll Tembak panjang melengkapi kemampuannya untuk menghipnotis para team penilai, Staminanya pun bagus karena Om.Pitik setiap hari rajin memberikan Multi Vitamin Ebod vit serta mengumbarnya di kandang Polier ukuran 3 X 2 meter.

Seychelles Magpie robin (Copsychus sechellarum). Critically endangered. Formerly widespread in the Seychelles, but began to decline in the 19th century, and by the mid 20th century, persisted only Frégate Island, the most easterly of the granitic Seychelles (reintroduced to Aride). Seychelles

Perawatan intens yang dilakukannya pun turut membantu Paranoid menonjol di setiap aksinya, Tak berlebihan sekiranya lebih dari 10 menit pengambilan video penampilan Kacer Paranoid dijalani dengan mudah dan tanpa hambatan berarti. Berikut pola perawatan harian Kacer Paranoid yang bisa dijadikan referensi untuk Sahabat Rongolawers :

  1. Pukul 05.00 burung dikeluarkan dari dalam rumah dan terlebih dahulu diembunkan selama 2 jam.
  2. Pukul 07.00 burung dimandikan dengan cara di keramba, setelah itu kurungan setiap hari pun rutin dicuci dengan menggunakan air plus shampo Jati jajar yang berfungsi membasmi kutu yang ikut bersarang disela–sela tebok sangkar.
  3. Pukul 07.00 burung selesai mandi dan langsung dikasih EF berupa Jangkrik sbanyak 6 ekor.
  4. Pukul 08.00–11.00 burung dibiarkan diumbar di kandang ukuran 3 X 2 meter untuk melatih pernapasannya tanpa disediakan makan dan minum.
  5. Sediakan 1 bak Keramba tanah halus di dalam kandang umbaran yang berfungsi sebagai terapi untuk mengatasi Kacer yang stress, over birahi dan masih mbagong. lakukan 3 hari berturut–turut setelah berlomba.
  6. Pukul 11.00 burung kembali dipindahkan ke kandang harian lalu diangin–anginkan selama 30 menit.
  7. Waktu diangin–anginkan itu burung terlebih dahulu dikasih Voer harian serta tambahkan EF berupa Jangkrik sebanyak 7 ekor.
  8. Biarkan sampai 10 menit, kemudian barulah dikasih air minum yang sudah tercampur multivitamin Ebod Vit sebanyak 5 tetes untuk menjaga stamina dan meningkatkan nafsu makan.
  9. Pukul 12.00 sampai pukul 16.00 barulah burung dimasukan kembali ke dalam rumah dan full krodong.
  10. Pukul 16.00 burung kembali dikasih EF 4 ekor Jangkrik dan kemudian di krodong kembali sampai ke esokan harinya.

Untuk menambah percaya diri saat tampil, adaptasi lapangan diperlukan dengan cara dibawa ke tempat lomba. Agar terbiasa dengan suasana lomba, terbiasa pindah-pindah tempat dan tentu saja berani menghadapi lawan-lawannya di lapangan. Semoga bermanfaat. /Brandy/Panji/3/3

Sumber Kliping Selengkapnya Klik Disini

Artikel Lainnya

Serinus Canaria

Jenis Kenari dan Istilah Persilangannya

Burung kenari (Serinus Canaria) pertama ditemukan  di Kepulauan Canary pada abad ke-15. Keaneka ragaman burung …

X